Implementasi EIS di PT Sentosa

PT. Sentosa adalah sebuah perusahaan yang bergerak pada bidang pencelupan baja ringan dan penimbangan baja. Banyak perusahaan baja lainnya yang datang untuk mencelupkan baja mereka agar kembali menjadi bagus, dengan mencelupkan baja tersebut ke dalam suatu cairan, maka baja tersebut akan bertambah beratnya. Saat ini mereka masih menggunakan secara manual belum menggunakan manual secara sederhana dan belum memiliki suatu database tersendiri, sehingga kadang laporan yang dibuat masih kurang teliti dan kurang teratur. Maka perlulah dibuat suatu rancangan aplikasi Sistem Informasi Eksekutif yang didasarkan pada sistem penimbangan yang ada untuk mengelola informasi dari jenis baja yang ada baik sebelum masuk pencelupan dan sesudah baja dicelupkan. Karena pelaksanaan pemantauann di PT Sentosa belum ditunjang dengan penggunaan Teknologi Informasi, maka diperlukan rancangan aplikasi yang diharapkan dapat diimplementasikan menjadi sebuah aplikasi yang dapat memberikan informasi yang berupa laporan hasil dari proses penimbangan dari mulai baja dicelupkan dalam cairan dan sesudahnya, juga semua bentuk daftar konsumen yang ada. Sehingga dapat meningkatkan kinerja perusahaan. Rancangan aplikasinya akan dibuat pada Visual Basic, DataBase dalam SQL Server dan bentuk laporan akan ditempatkan pada Crystal Report.

Konsep EIS
Saat ini system yang digunakan pada PT Sentosa masih cukup sederhana sekali dan menggunakan manual serta belum ditunjang dengan sistem , serta memerlukan waktu yang lama, maka dari itu diperlukan Sistem Eksekutif Informasi yang dapat membuat sebuah system yang baru agar bisa membuat cara kerja di perusahaan akan meningkatkan efesiensi dan efektifitas. Dengan Sistem Eksekutif Informasi dapat diterapkan pada PT Sentosa, dengan konsep ini maka bisa dibuat sebuah aplikasi yang dapat membantu dan mempercepat proses pengerjaan pada PT Sentosa.

Kondisi Implementasi EIS saat ini
a. Pemahaman EIS
Dengan adanya EIS pada PT Sentosa, maka semua data mengenai daftar konsumen, penimbangan baja baik dari sebelum baja di celupkan dan sesudah, serta keluar masuknya baja akan terkontrol dengan baik dan teratur. Karena semua data tersebut akan dimasukan dalam sebuah data base. Sehingga prosedur yang berada pada PT Sentosa dapat berjalan dengan baik dan teratur.

b. Dimana EIS diterapkan
EIS diterapkan pada system penyimpanan data yang berupa database. Dengan adanya system ini maka dibuat sebuah aplikasi dari bahasa pemprograman Visual Basic, database menggunakan SQL Server dan report menggunakan Crystal Report.

c. Alasan EIS diperlukan
Untuk saat ini EIS sangat diperlukan pada PT Sentosa, karena dengan system yang lebih modern maka kinerja pada PT Sentosa akan lebih maju. Karena saat ini PT Sentosa masih menggunakan pendataan secara manual, belum secara modern.

d. Siapa
Sistem EIS pada PT Sentosa akan digunakan oleh para staff dan karyawan, sehingga cara kerja mereka akan lebih teratur dan cepat, efektif dan efesien, sehingga tidak mengecewakan para pelanggan atau konsumen yang sudah percaya pada PT Sentosa.

e. Pokok kegiatan organisasi
Dengan adanya aplikasi yang dibuat maka proses untuk pendataan konsumen, daftar baja, bentuk laporan, daftar keluar masuknya truk yang membawa baja, daftar untuk berat dari baja yang sudah dicelupkan maupun yang belum, semuanya akan masuk kedalam system, sehingga dapat terkontrol dengan baik. Dari sistem tersebut juga bisa dapat membuat invoice pagi konsumen, sehingga tidak perlu membuat secara manual lagi.
Proses kerja user hanya tinggal mengimput data yang ada pada tempat-tempat yang sudah disediakan.

Untuk saat ini untuk server computer masih ditempatkan pada ruangan HR, tetapi utk kedepan akan dipisahkan, sehingga mempunyai departemen computer, sehingga server bisa ditaruh pada ruangan tersendiri dan dapat lebih optimal dikelola oleh divisi komputer.
Proses untuk produksi adalah sebagai berikut, barang datang kemudian masuk gudang untuk diproses, lalu dicatat berat baja sebelum dicelupkan dalam data base, jumlah baja yang akan dicelup serta mobil truk yang membawa juga dicatat untuk nomor truknya. Setelah baja diproses kemudian dimasukan dalam cairan, setelah dicelup maka berat akan bertambah, lalu dikeringkan kemudian baja yang sudah dikeringkan, kemudian ditimbang, setelah ditimbang kemudian didata dan dimasukan dalam database, setelah pendataan selesai maka dibuatkan invoice pembayaran dan baja dinaikan ke truk untuk diantar ke tempat konsumen.

f. Pengelompokan core bisnis sesusai dengan struktur PT Sentosa
Dengan adanya EIS maka pengelompokan core bisnis dapat dibuat pada database yang berupa daftar konsumen yang ada. Sehingga PT Sentosa dapat mengetahui siapa saja yang menjadi rekan bisnis.

g. Peran EIS dan kelemahan EIS di PT Sentosa
Peran EIS di PT Sentosa sangat berpengaruh pada kinerja karyawan dan sangat membantu.
Kelemahan pada PT Sentosa pada EIS adalah:
1. Perlu adanya training bagi karyawan yang akan menggunakan program ini
2. Perlu adanya pengenalan EIS pada karyawan
3. Memerlukan sedikit waktu yang lama bagi karyawan untuk penyesuaian.

Kondisi yang diusulkan
Membuat aplikasi yang dapat membantu dalam sistem yang ada pada PT Sentosa sehingga dapat membuat efesien dan efektif, dan untuk penyimpanan data-data dapat disimpan pada database yang dapat disetting sesuai dengan pemakai, dan data akan lebih aman dan teratur, sedangkan bentuk report dibuat dan didesain serta dapat di print dan memperoleh hasil yang baik.
System penyimpanan data dari komputer satu ke komputer lainnya dapat dibuat secara otomatis, sehingga dapat dipakai oleh user dan dapat dioperasikan di komputer lain yang terhubung dengan server pada PT Sentosa.

Kriteria TI untuk EIS:
1. Mudah digunakan dan dipelajari oleh user
2. Memiliki securiti yang aman bagi data tersebut, dan bisa dibatasi bagi pengguna
3. Memiliki kecepatan yang bagus, sehingga tidak menghambat pekerjaan.
4. Tampilan dari aplikasi dapat didesain sehingga dapat menarik.
5. Menyediakan menu help sehinga jika ada hal yang tidak dimengerti dapat dicari pada menu help.

Kesimpulan
PT Sentosa memerlukan EIS untuk membuat kinerja karyawan agar lebih efisien dan efektif. Dan dapat memberi pelayanan yang terbaik bagi rekan kerja dan konsumen.
Perbandingan setelah diterapkannya EIS pada PT Sentosa maka hasil yang dihasilkan oleh PT Sentosa akan lebih maju dibanding dengan sebelum menggunakan EIS.
Penyimpanan data lebih aman, terstruktur, data mudah di control, sehingga system yang ada dapat berjalan dengan lancar, serta dapat dioperasikan juga di komputer lain yang terhubung dengan server di PT Sentosa, sehingga user tidak perlu pulang pergi dari pabrik ke kantor admin
Sumber :
Puji Kurniadi, Oktavianus Ambulengo, Adhistya Perdana , Herman Sunandar
http://hasiltugaskuliahmahasiswa.blogspot.com/2009/02/implementasi-eis-di-pt-sentosa.html

0 komentar:

Posting Komentar